Koneksi PLC Keyence dan PC menggunakan Visual Basic

Friday, 31 July 2009 05:03 Mada Jimmy
PDF
User Rating: / 3
PoorBest 
Article Index
Koneksi PLC Keyence dan PC menggunakan Visual Basic
Page 2
Page 3
All Pages

Langsung saja pada contoh sistem sederhana. Sebuah putaran motor steper dikendalikan oleh PLC maupun PC (komputer) menggunakan aplikasi Visual Basic (versi 6.0 atau .NET)

Cerita ini lanjutan dari artikel ini http://madajimmy.com/artikel/tutorial/30-pengendalian-motor-steper-menggunakan-plc-keyence-kv-40atp.html 

Diasumsikan sistem berjalan normal yaitu motor berputar jika START ditekan dan berhenti setelah 1 putaran atau STOP ditekan. Arah putaran tergantung dari input FORWARD / REVERSE.

Nah.. kita akan coba melakukan koneksi serial antara PLC dan PC sehingga relay yang berperan bisa kita FORCE ON/FORCE OFF menggunakan Button pada Visual Basic, supaya kita bisa mengendalikan putaran dengan mengeklik tombol pada layar monitor.

Begini caranya… <lanjut>

PLC Keyence KV dapat membentuk komunikasi serial dengan devais dari luar seperti komputer, devais berbasis mikrokontroler atau peralatan lain sepanjang alat tersebut memiliki serial port. (untuk laptop jaman sekarang, perlu tambahan USB-Serial Port Converter).

Persiapan yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kabel. Kabel yang digunakan sama dengan kabel untuk pemprogram PLC, jadi tinggal ditiru saja. Jika tidak mau repot, untuk sementara gunakan saja kabel untuk program, dan tinggal mengganti nomor COM nya. Hubungkan kabel dari PLC ke konektor RS232 PC, lalu buka aplikasi Hyperterminal atau sejenisnya.

Set parameter hyperterminal sebagai berikut:

Parameter Nilai
Baud rate 9600bps
Data length 8 bit
Parity check Even (E)
Stop bit length 1
Flow Control None

Buat koneksi baru sesuai COM port yang dihubungkan

Persiapan berikutnya adalah membaca daftar Command/Response pada buku manual programming (Chapter 7).  Tidak banyak perintahnya, hanya sekitar 12 perintah.

Untuk memulai komunikasi, perintah yang kita kirim adalah:

CR

PLC akan merespon dengan:

CC

  • Jika tidak merespon, maka cek sambungan, atau parameter.
  • Jika responnya E0, E1, … atau E5, maka ada kesalahan perintah.
  • Jika respon CC, maka komunikasi sudah terbentuk dan PLC siap menerima perintah.


Last Updated on Friday, 31 July 2009 05:28

Dreamstime

Stock Images