Mikrokontroler STM32F429 Discovery

Wednesday, 07 October 2015 17:58 Mada Jimmy
PDF
User Rating: / 4
PoorBest 

Mikrokontroler STM32F429-Discovery ini cukup menarik, karena kompak dan lengkap dalam satu kemasan papan pengembang (development board) yang sudah termasuk debugger, tombol, LED, gyro sensor, SDRAM dan yang cukup menarik adalah LCD TFT 2,4 inch.  Dibandingkan dengan papan Arduino UNO/Mega yang populer saat ini, mikro ini jauh lebih unggul. Kecepatan prosesornya sampai 168Mhz sementara Arduino Uno hanya 20Mhz. Belum lagi jumlah I/O dan fitur lainnya. Harga development board sekitar €28, kurang lebih sama dengan harga Arduino Uno. Hanya saja ukuran papan sekitar 2 lali dari Arduino Uno.

 

Spesifikasi lengkap bisa dilihat di sini:

http://www.st.com/web/catalog/tools/FM116/SC959/SS1532/PF259090

Firmware bawaan dari mikrokontroler ini berupa sistem GUI (Graphical User Interface) berbasis STemWin dan memiliki contoh aplikasi yang bisa ditampilkan di LCD TFT 2.4 inch. Tentu saja kita juga dapat mengganti firmware ini sesuai dengan kebutuhan kita. Pengembangan aplikasi dan pemrograman dapat dilakukan dengan software antara lain: Keil ™ , Em:block(EmBitz) dan bisa juga dengan CooCox IDE. Pemrograman STM32F429 tidaklah sederhana jika dibanding dengan pemrograman Arduino, tapi jangan kuatir, pengguna mikrokontroler ini banyak dan mereka memberikan tutorial yang lengkap dan terperinci.

Jika Anda ingin menggunakan CooCox silakan download software-nya di http://www.coocox.org/ dan berikutnya ikuti tutorial cara mulai di http://goo.gl/ll39cV (stm32f4-discovery.com oleh Tilen Majerle)

Anda bisa melihat video yang sudah saya buat mengenai demonstrasi dari firmware bawaan maupun contoh aplikasi yang saya buat untuk menampilkan informasi dari internet.

https://www.youtube.com/watch?v=BXfESsHajnI&hl=en&cc_load_policy=1

Jadi jika anda sedang mengerjakan proyek yang membutuhkan LCD, mikro ini patut dipertimbangkan.

 

Last Updated on Wednesday, 07 October 2015 18:32

Dreamstime

Stock Images