Ulasan Kamera Digital (Digital Camera Review)

Friday, 17 May 2013 02:31 Mada Jimmy
PDF

Sony SLT alpha 65 Digital Camera SONY SLT-A65VK

Kamera ini adalah salah satu Sony alpha yang menggunakan teknologi terbaru yang signifikan untuk meningkatkan performa pengambilan gambar, yaitu SLT (Single-Lens Translucent).  Bentuk fisik kamera seperti halnya kamera SLR digital (Digital Single-Lens Reflex) pada umumnya, namun saya kira lebih tepat kamera ini tidak lagi disebut sebagai kamera SLR, melainkan SLT.

SLT vs SLR

 

Pada teknologi SLR, sebuah cermin (mirror) digunakan untuk memantulkan cahaya dari lensa menuju ke view finder untuk keperluan focusing, composition dan exposure sebelum pengambilan gambar dilakukan.  Pada saat shutter ditekan, maka cermin ini bergerak mengayun sesuai shutter speed, sehingga cahaya dari lensa masuk lurus menuju ke sensor.  Sedangkan pada teknologi SLT, cermin yang digunakan adalah translucent (tembus cahaya), yang selain memantulkan cahaya untuk keperluan komposisi dan fokus pada view finder, cermin ini juga meneruskan (menembus) cahaya dari lensa ke sensor citra (image sensor).  Dengan kata lain, cermin tidak perlu bergerak atau dipasang tetap (fix).  Tentu saja sistem seperti ini dapat menguntungkan dari segi kecepatan shutter, mengingat gerakan cermin pada kamera SLR perlu waktu.  Sony SLT alpha 65 dapat mengambil gambar dalam mode continous sebanyak 10 frame per detik (fps), sungguh kecepatan yang fantastis.  Bahkan kakaknya, tipe Sony alpha 77 dan 99 dapat mencapai 12fps.  Sepanjang pengetahuan saya, saat ini inilah frame rate yang tertinggi diantara kamera digital merek apapun.

 

Image sensor yang besar

SLT alpha 65 (dan 77) mempunyai indera cukup besar yaitu image sensor 24.3 Mega Pixel.  Sementara ada yang bilang bahwa jumlah pixel tidak teralu penting, bagi saya semakin banyak pixel, semakin bagus.  Megapixel yang besar memberi keuntungan banyak, diantaranya ada keleluasaan untuk croping foto tanpa mengurangi kualitas gambar.  Ukuran gambar yang besar dan jernih akan tetap jernih (bahkan makin jernih) jika kita mengecilkannya, misalnya untuk keperluan web.  Saat ini telah ada yang mengalahkan dari segi besar sensor, yaitu mencapai 36MP (NIKON D800E Body). Namun karena D800E harganya yang sangat tinggi, menurut saya tidak sebaiknya dibandingkan dengan SLT-a65.

Contoh foto

Berikut ini adalah foto yang saya ambil dengan SONY SLT-A65VK.  Gambarnya sama dengan aslinya tanpa editing apapun, hanya saya perkecil berturut-turut 10%, 25%, 50% sampai ukuran resulusi sebenarnya 100%.  Untuk pengamatan di web yang lebih baik, semua gambar saya potong (crop) dengan ukuran 600 x 400 pixel.

Adenium obesum

 

Adenium obesum

 

Adenium obesum

 

Adenium obesum

Model Kamera: SONY SLT-A65V
Model Lensa: Sony SAL 18135

F/9, 1/60s, ISO-100, 120mm
Waktu pemotretan: 15:59WIB

 

Klik link ini untuk melihat spesifikasi lengkap: SONY SLT-A65VK

Last Updated on Thursday, 27 June 2013 01:01