Hasil Pencarian

Friday, 25 November 2011 08:35 Mada Jimmy
PDF

 

Gunakan modul pencarian yang terletak di kanan atas

 

Tips menggunakan mesin pencari Google untuk mendapatkan artikel yang sesuai kebutuhan Anda.

Pencarian dengan kata kunci secara umum.

 

  • Gunakan kata kunci (keyword) yang spesifik namun tidak terlalu detail.   Misalnya Anda ingin belajar mikrokontroler, maka jangan cuma mengguanakan kata 'mikrokontroler' saja, tapi sebutkan juga merek maupun tipenya kalau bisa.  Misal 'belajar mikrokontroler arduino'.  Untuk mendapatkan artikel berbahasa inggris, gunakan kata kunci berbahasa Inggris, atau bahasa yang dikehendaki.
  • Kata kunci yang terlalu detil akan menghasilkan materi yang lebih sedikit.  Contoh: Jika Anda belum puas dengan kata kunci 'memperbaiki mikrokontroler', lalu Anda mencari dengan 'memperbaiki mikrokontroler terbakar' maka hasilnya akan lebih sedikit atau menjadi tidak relevan.  Cobalah ganti dua kata kunci sebelumnya.
  • Perlu diperhatikan setelah hasilnya muncul, bagian paling atas biasanya adalah link iklan.  Alihkan perhatian Anda pada hasil di bawahnya, kecuali Anda tertarik dengan iklan tersebut.

 

Pencarian Gambar

  • Gambar dapat membantu banyak dalam pencarian artikel.  Misalnya Anda mencari konfigurasi pena (pinout) dari komponen aktif, langsung saja klik Image (gambar) setelah Anda memasukkan nama komponen di kotak pencarian.
  • Pencarian berdasarkan gambar adalah fitur yang menurut saya cukup hebat.  Anda bisa mencari gambar/foto lain yang sama atau mirip dari gambar yang kita unggah (upload).  Jika Anda pengguna Google Chrome, Anda dapat dengan mudah mencari kesamaan gambar dari halaman dengan mengeklik kanan gambar tersebut, lalu klik menu yang artinya pencarian gambar mengunakan Google.  Secara normal klik kanan bisa dilakukan, kecuali java script tidak mengijinkan klik kanan atau telah memodifikasinya.

 

Pencarian menggunakan suara

 

  • Jika Anda menggunakan laptop (sudah pasti ada mikrofonnya) cobalah mencari menggunakan suara Anda, bukan dengan mengetik.  Klik gambar mikrofon di kotak pencarian, dan langsung berbicara. (untuk pertama kali, perlu diaktifkan dulu). Peringatan: kalau bisa jangan gunakan fitur ini di perpustakaan, karena suara Anda akan mengganggu pengunjung, dan yang lebih penting lagi, untuk hasil tertentu laptop Anda akan "membacakan" hasil pencarian.
  • Sampai dengan artikel ini saya tulis, saya belum tahu apakah bahasa Indonesia sudah didukung oleh fitur ini.  Cobalah dengan bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Jepang.
  • Contoh: katakan "US Dollar to Euro converter", jika suara diterima, maka laptop akan membacakan kurs USD terhadap Euro saat ini.

 

Last Updated on Sunday, 23 March 2014 10:56